Wednesday, May 30, 2007 | 5:58 PM

Water restrictions


Sejak tanggal 10 April 2007, South East Queensland diberlakukan water restriction level 5. Seperti yang pernah ditulis teh Ina setahun lalu sewaktu dia masih di Brisbane - yang waktu itu masih level 4.

Sekarang level 5 kita kudu mencapai target tiap orang 140 liter perhari berarti kudu lebih hemat air. Kalau mandi "shower" paling lama harus 4 menit, kalau nyiram tanaman harus pake ember dan itupun tiap rumah sudah ada jadwalnya nggak boleh tiap hari. Banyak juga sih peraturan2 lain supaya warga QLD hemat air, seperti bisa di lihat di website-nya Queensland Water Commision.

Kita sebagai orang Asia yang hidupnya nggak bisa lepas dari air mungkin nggak ya mencapai target 140 itu? Apalagi sehari-hari kita perlu banyak air nih :
- kalau (maaf) buang air besar dan kecil pasti pake air ~~ kalo mereka cukup dengan tisu
- makan sehari-hari nasi, sebelum beras dimasak kudu dicuci dulu 2 ato 3 kali ~~ kalo mereka cukup makan roti ato kentang goreng yg dah beli jadi.
- masak sayuran paling nggak juga butuh air seperti masak sop ~~ kalo mereka cukup dimakan mentah alias salad.
- sehari (paling nggak)5 kali kita kudu ambil wudhu tuk shalat ~~ ?!?!

Katanya sih Government QLD akan mengadakan audit dari rumah ke rumah untuk memastikan kalo kita sudah mencapai target 140, dgn cara dilihat dari meteran air di setiap rumah dibandingkan jumlah orang yang tinggal dirumah itu. Bila melebihi target bisa2 dikenakan denda loh..
Nah kalo cucian baju dah numpuk jadi kepikiran juga kalo menghabiskan air banyak . Kadang aku akali kalo hari mencuci baju berarti aku libur masak - paling nggak nggak masak yg berat2.
Sekarang kalo kita mandi juga diusahakan pake ember, terutama anak-anak - kalo dibiarkan mereka mandi sendiri pake shower bisa luama tuh, makanya dibatesin sekali mandi cukup pake air satu ember saja.

Sampai sekarang masih banyak penduduk yang kurang setuju atas diberlakukannya Level 5 ini. Pemerintah QLD pun tak henti2nya mengingatkan warganya untuk hemat air dengan cara iklan di TV, news, magazine bahkan sampai ada guide book-nya yang dijual. Kemaren setiap rumah dan unit diberikan secara gratis "the water saving guide book" plus alat "4 minutes timer" untuk mandi.

Pemerintah QLD akan merencanakan akan menaikkan water restriction mencapai level 6, kalau sampai akhir tahun ini QLD nggak hujan. Alhamdulillah sudah 4 hari ini QLD hujan terus (walopun nggak terlalu deras), semoga aja sering banyak hujan ya..biar turun levelnya paling nggak level 4 deh. Kalau bener level 6, jangan2 kita nggak boleh mandi, weeekkkss bakalan semerbak BB dimana2 donk yah..


Image hosted by Photobucket.com

1 comments